mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Menggunakan Free Software? kenapa tidak?!

Ternyata masih banyak orang jenius di dunia ini yang mengerti kesusahan orang lain, saya tidak tahu persis yang melatar-belakangi “kebaikan “ orang-orang jenius tersebut tersebut, tapi software gratis bisa dijadikan sebagai alternatif bagi Anda yang tidak mampu membeli software yang berbayar. Sepegetahuan saya harga-harga dari software (Original) tersebut ada yang murah, jadi mengapa tidak mempertimbangkan software sejenis dengan status SOFTARE FULL VERSION yang bisa anda download di Internet GRATIS :D :p .
Misalnya untuk sekedar mengetik, membuat persentasi, dan menghitung rencana keuangan usaha anda tanpa harus mengeluarkan biaya yang belum tentu sesuai dengan Laba yang diperoleh, coba anda gunakan aplikasi openoffice.org dimana versi terbarunya sudah bisa membantu anda membantu usaha atau pekerjaan anda. Atau untuk Anda yang bekerjadengan aplikasi 3d yang kebanyakan dilego dengan harga yang MUAAHAAL BO…!!! Sudah barang tentu bagi anda yang masih tergolong Usaha Kecil Menengah (UKM) akan kerepotan. Sama dengan diatas menjadikan software gratisan sebagaisolusi yang tepat, misalnya menggunakan Blender . untuk aplikasi 3d bagi para animator, atau GIMP buat tukang Edit foto, or Open Office yang bisa menjadi pilihan Anda atau Perusahaan Anda untuk membuat dokumen, persentasi dan akuntasi yang ada pada aplikasi kantoran berbayar seperti MS OFFICE.
Intinya adalah jika memang harga software menjadi kendala Anda maka alternatif “smart” yang bisa anda lakukan adalah menggunakan software gratis (Free software). Tentu ada batasan yang akan anda peroleh dalam menggunakan program tersebut berikut ini adalah kekurangan dan kelebihan dari menggunakan software gratis.

KELEBIHANNYA adalah :
  • Gratis, namanya juga free software, praktis yang anda butuhkan hanya biaya internet (tergantung waktu download) semakin besar filenya semakin lama waktu download, tapi jangan khawatir pada umumnya file instalan untuk kategori program ini tidak terlalu besar .
  • Tidak membutuhkan register atau Ijin, selama anda menggunakannya sendiri dan tidak diperjualkan belikan.
  • Ada dimana saja, maksudnya untuk memperoleh aplikasi gratis anda tidak selamanya harus menggunakan Internet, sekarang ini hanya dengan membeli buku atau majalah computer anda akan memperoleh bundel berupa CD atau DVD yang didalamnya banyak tersedia software gratis dari berbagai kategori, mulai dari update, utility, multimedia, office, dll.

KEKURANGANNYA adalah :
  • Dibutuhkan tambahan waktu untuk mempelajari software gratisan tersebut, caranya dengan mempelajari fasilitas HELP (biasanya dengan menekan tombol F1), tetapi ada juga aplikasi yang mirip dengan yang berbayar.
  • Bahasa yang digunakan oleh para pembuat software gratis biasanya dalam bahasa Inggris atau Jerman alias bukan bahasa Indonesia, so bagi Anda yang tidak paham bahasa asing butuh bantuan dari translator.
  • Ujung2-nya juga harus ada “pengorbanan” dari Anda. Tetapi jika anda cukup mampu menyisihkan dana untuk membeli software berbayar maka artikel ini bisa Anda abaikan.
  • Support atau Dukungan, karena kebanyakan software gratis dibuat untuk mengukur kemampuan dari si pembuat program biasanya free software hanya mengincar popularitas alias tes kemampuan diri walaupun tidak sedikit yang tetap menyediakan dukungan seadanya dan jika butuh sesuatu yang lebih (upgrade) anda tetap harus membeli/membayar.
Finally, pilihan terbaik menggunakan software berbayar atau yang gratisan adalah 100% pilihan Anda sebagai konsumen, dan semoga artikel ini bisa memberi manfaat, dan semoga sukses selalu bersama dengan Anda dan Usaha Anda.

Atas Saran Kritik yang disampaikan pada artikel ini diucapkan terima kasih. ;)

1 komentar:

PRH mengatakan...

Bener juga sih..... tapi biasa nya yang free penuh dengan jebakan... pada saat tertentu kita lebih banyak menggunakan layan itu... program henk.. kalo gak malah ngaco juntrung2nya kita ngeluarin lebih mahal dari yng bayar. Bagusnya nya menurut saya mending beli. itu lebih baik. dan lebih terjamin. gak punya duit utang ma yang bikin program..atawa. beli secara bertahap berdasarkan klas-klas nya biar bisa mampu bayar.. sekian infonya. thaxk

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support