mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Potensi Penyakit yang Diidap Oleh Netter

Berbicara tentang bekerja dari Rumah sebagai “full-time blogger” dan pekerjaan sejenis lainnya atau yang berhubungan dengan Kerja di Internet, memang terlihat dan terdengar santai dan bebas dari segala “Aturan formal” yang biasa atau pernah dialami di Kantor. Tidak adanya aturan yang mengharuskan kita menggunakan seragam, waktu kerja dan tumpukan kertas yang berserakan di meja kerja serta tidak ada “nyanyian” atasan jika kita melanggar “system” yang berlaku di tempat kerja tersebut.
Sekali lagi bekerja dari rumah adalah surga bagi orang yang merindukan independensi dalam bekerja. Tetapi dibalik semua “nikmat surga” bekerja dari rumah ada beberapa kebiasaan yang kurang baik untuk kesehatan. Bisa-bisa nikmat surga yang Anda rasakan sekarang berubah seketika menjadi “neraka” jika mengabaikan kebiasaan tersebut.
Setelah berkonsultasi dengan “dokter Pribadi nan cantik”  :x :p saya yang baru saja menikah sebut saja “dr. Maya”, ini ada tiga kemungkinan penyakit yang berpotensi menyerang oleh para “pekerja rumahan” yang bergerak di bisnis online, antara lain :
  • Ambeien, penyakit yang timbul akibat kelamaan duduk. Normalnya jika anda duduk di depan komputer usahakan minimal setiap 30 menit anda beranjak dari kursi empuk Anda untuk rehat.
  • Ganguan fungsi ginjal, ini akibat keseringan duduk dalam waktu yang lumayan lama sekitar 30 menit atau lebih dan saat duduk tersebut tidak diselingi dengan minum air, padahal posisi duduk dalam waktu yang lama dan rutin setiap hari bisa menyebabkan terjadi endapan kapur di kandung kemih dan efeknya bisa-bisa penyakit “Kencing Batu” menjadi penyakit anda dihari tua.
  • Mata Rabun, nah…yang ini bukan faktor karena kelamaan duduk depan komputer tetapi karena kebiasaan bercermin di layar komputer..walaupun anda telah mengatur “refresh rate” monitor sesuai dengan kemampuan mata Anda, ini tidak menjamin mata akan terbebas dari gangguan. Salah satu cara yang sangat simpel bin murah adalah dan sebisanya tidak lupa untuk selalu mengedipkan mata anda atau sekalian sedia tetes mata.
Jadi bagi Anda yang sering duduk dalam waktu yang lama usahakan agar :
  • Beranjak dari kursi dan melakukan sedikit peregangan otot setidaknya setiap 15 menit
  • Mengalihkan pandangan dari layar komputer, setiap 15 menit
  • Siapkan tetes mata, sekedar berjaga-jaga jika mata terasa perih untuk menghindari iritasi mata.
  • Minum 1 gelas air putih setiap 30 menit dan jangan menahan untuk sekedar buang air kecil.
  • Buat dan atur jadwal Kerja anda agar waktu anda di depan komputer tidak lebih dari 2 jam.
Selanjutnya kata Ibu Dokter ini kesehatan adalah harta yang tak ternilai harganya, jadi sebelum harta itu berlalu sebaiknya hargailah keberadaannya, berobat adalah tindakan yang benar, tetapi tindakan terbaik adalah mencegah datangnya penyakit dengan mengenal hal-hal yang bisa menyebabkan penyakit tersebut” Ujar dokter keluaran FK-Unhas ini.
Finally, semoga “interview” singkat dan santai ini bisa memberi pengetahuan tambahan bagi Yang membacanya dan jika ada kekurangan pada artikel ini mohon dimaafkan, karena sewaktu ngobrol banyak bahan diluar artikel ini ikut dibahas dan penulis tidak mencatatnya, so tulisannya sebatas ingatan penulis.

2 komentar:

Anonim mengatakan...

he he he....
jelas ga dicatat interviwx soalnya dr. Cantikmya.....:)

gmana kabar brow..

rian_raudhah

Oentoe_09 mengatakan...

Alhamdulilah baik..thanks for coming Bro..

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support