mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Pilih Mana: Modif Template atau Free Template?

Modif template merupakan hal wajar bagi seorang blogger, keinginan untuk menampilkan sebuah blog dengan ciri khas pribadi bisa dilakukan dengan berbagai cara, mulai dari mengganti keseluruhan dengan free template baru yang banyak bertebaran di website penyedia template hingga melakukan hack pada template lama.
Keduanya memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, misalnya jika kita memilih untuk:
Menggunakan Free Template
Kelebihannya adalah kita tinggal menggunakannya saja masalah tampilan tidak usah dipikirin karena template gratisan saat ini sudah pada keren-keren dan ada penambahan kolom mulai dari 3 kolom bahkan sekarang ada yang 4 kolom, intinya lebih baik dari pada template standar.
Selain itu tanpa mesti pusing-pusing belajar seputar CSS dan JavaScript
Kekurangannya adalah pada bagian footer template tersebut terdapat alamat link ke pemilik template dan sebagai orang yang mencintai keindahan terkadang link tersebut mengganggu penglihatan, sekedar saran jangan dihapus karena itu adalah karya cipta yang dibagikan kepada orang yang membutuhkan termasuk anda, intinya sebagai balas jasa, tidak ada ruginya kan?.
Selain ada link di footer biasanya grafik yang terdapat pada template gratisan (header, body, dan footer) tidak sesuai dengan isi blog padahal misalnya blog bertema tutorial gitar tapi karena warna template tersebut adalah warna kesukaan anda akhirnya anda memakainya padahal grafik template itu motif bunga :x .
Hacking Standart Template
Kelebihan dari hacking template adalah kita bisa melakukan apa, termasuk menambah dan mengurangi kolom, mengubah ukuran header, body dan footer, jika lebih ahli lagi kita bisa membuat template kita jadi lebih ringan dgn membuat efek 3d memanfaatkan CSS, bahkan membuat template sendiri.
Kekurangan, buat blogger yang punya latar belakang ilmu computer dan informatika CSS dan JavaScript bukan hal baru, beda dengan seseorang yang berangkat dari disiplin ilmu yang berbeda seperti saya hacking template adalah usaha yang beresiko besar dan memusingkan. Butuh waktu, hasrat, logika serta imajinasi yang cukup untuk mempelajarinya.
Finally… kedua pilihan seputar pilihan template diatas menurut saya pribadi dikembalikan kepada sang pemilik blog.
Semua tergantung tujuan ngeblog itu sendiri, apakah memandang blog sebagai satu kesatuan antara Penampilan dan Isi Blog atau memilih diantara keduanya. Be your self dan focus pada tujuan mungkin bisa membantu.
Semoga bermanfaat dan thanks for coming. ;)

2 komentar:

Much Asyiq mengatakan...

Boss gue nih kan baru belajar ngeblog nih, nah gue lihat tampilan blog bagus sekali ada link Home , About ME dll cara buat gimena ya bos tolong sarannya dan caranya thank
Aiyk

Oentoe_09 mengatakan...

semua yang dikerjain ttng apa yang terihat pada blog ini dah dimasukin dalam artikel di blog ini juga mas M Asyiq..so silahkan di baca saja artikel yang lain ya :)
btw makasih dah mampir ke mari :D

Posting Komentar

Label

Blog support

Entri Populer