mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Melindungi isi blog dari pembajak blog

Harus dakui jika apa yang kita “sumbangkan” ke dunia maya memang rawan pembajakan, terkadang ini di alami oleh blog yang berkategori “master” dan mereka pun sudah melakukan “teknik master” untuk melindungi property mereka saya pribadipun melakukan sedikit usaha melindungi property (konten blog ini) dengan cara yang saya jamin gratis namun bisa sedikit membantu dalam usaha melindungi blog ini dan mungkin anda juga nantinya (walaupun diakui saya bukanlah blogger master dan juga isi artikel di blog ini masih butuh kritik dan saran dimana-mana).
Berikut ini adalah beberapa cara saya yang dijamin gratis dan bukan cara baru but masih bisa diandalkan buat kita-kita yang bukan ahli blog tentunya.


memanfaatkan fasilitas "copyright protected" gratis dari copyscape caranya mudah kita sisa memasang banner yang disediakan ke dalam blog kita tentunya... dan setelah banner terpasang kita bisa ngecek blog mana saja yang telah memasang artikel yang sama denga/dari blog kita.

kedua menghilangkan fungsi klik kanan (disable right click) mouse
langsung copy-paste kode berikut di template blog anda, seperti biasa masuk ke akun CP blog anda dan masukkan kode berikut ini tepat di atas kode </body> yang terletak di bagian bawah/terakhir kode template anda.

<script language=JavaScript>
<!--

//Disable right click script III- By Renigade (renigade@mediaone.net)
//For full source code, visit http://www.dynamicdrive.com

var message="";
///////////////////////////////////
function clickIE() {if (document.all) {(message);return false;}}
function clickNS(e) {if
(document.layers||(document.getElementById&&!document.all)) {
if (e.which==2||e.which==3) {(message);return false;}}}
if (document.layers)
{document.captureEvents(Event.MOUSEDOWN);document.onmousedown=clickNS;}
else{document.onmouseup=clickNS;document.oncontextmenu=clickIE;}

document.oncontextmenu=new Function("return false")
// -->
</script>
so mudah-mudahan kedua cara diatas bisa membantu rekan-rekan yang ingin melindungi tulisan/artikel tersayang dari klaim malingsial para pembajak..
finally selamat berblogging dan semoga bermanfaat ;)

6 komentar:

kre_thek mengatakan...

sob, untuk yang copyscape itu gmn? pa orang yang melakukan copy dari blog akan terlihat atau hanya yang postingannya sama? saia nda mudeng.,

makasi ea,,

izmoend mengatakan...

tapi dbuat jdi pdf dlu trus dri frmt pdf dcopi kn jg bsa???

Oentoe_09 mengatakan...

@ Kre_thek:
Sebenarnya ada yang berbayar dari layanan ini (copyscape) yang pastinya jauh lebih baik dari yang gratisan but seperti yang saya tuliskan diatas layanan gratisan bisa memberitahukan ke kita artikel yang di jiplak oleh bloger lain ya selain judul dan artikel yang di jiplak tentu saja URL dari si penjiplak tadi ikut ditampilkan.
@ Izmoend:
Kemungkinan besar bisa tapi itu artinya artikel kita di copy dan nantinya akan perlu "proses" so setidaknya si pelaku plagiarism tadi menjadi butuh usaha lebih buat mengambil artikel kita.. dan kita tidak boleh berburuk sangka juga kan kali2 saja di copybuat nolong kerjaan tugas skul or kul (ye ge-er buanget ya???) ;)
Buat yang punya cara lebih baik dan gratis selain diatas tolong di share ke blog ini juga ya?

arkasala mengatakan...

tips yang bermanfaat sekali nih. Sekecil apapun karya kita perlu diperlakukan dengan layak. Ini salah satu caranya. Terima kasih sekali mas. Salam kenal.

Oentoe_09 mengatakan...

setuju and Makasih dah mampir ke blog ini mas ;) ...
lam kenal balik ya :D

semar duduk mengatakan...

sesama blogger emang hrs berbagi informasi, termakasih gan infonya.

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support