mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Tips menulis yang menyenangkan

cara menulis artikel blog
Update artikel sudah menjadi sebuah rutinitas wajib jika ingin menjaga bahkan sebisanya meningkatkan kembali popularitas sebuah blog.
Tetapi... terkadang berbagai artikel tips jurus sakti cara menulis artikel yang pernah diberikan oleh sesama blogger sekalipun terkadang belum cukup ampuh membantu dalam menciptakan sebuah artikel yang sekiranya bisa membuat pembaca kita tertarik untuk menikmati suguhan makanan lebaran artikel yang susah payah telah Anda posting, apalagi sampai menghipnotis pembaca untuk membaca sampai selesai,  membuat mereka mampu untuk datang... datang... dan datang lagi.....
Sepertinya masih banyak juga diantara kita yang mengalaminya bahkan dengan jujur saya pun sering sekali mengalaminya..he..he..he... :D

Tapi jangan berkecil hati karena saya pribadi sering mengalami kondisi seperti diatas dan berikut ini adalah cara saya untuk membuat tulisan yang menyenangkan, ya setidaknya tulisan yang menyenangkan diri sendiri ;) :
  1. Pastikan buat topik yang bisa bikin anda enjoy, topik tidak wajib anda kuasai sepenuhnya tapi setidaknya anda tahu dan menikmati proses pembuatannya. Make it fun OK?!
  2. Jangan cepat putus asa, jika belum bisa diselesaikan saat itu juga ya istirahat... Lakukan hal lain yang bisa bikin anda mood kembali, apakah itu dengan membuka halaman facebook, dengar lagu favorit atau dengan cara saya biasanya dengan bakar sebatang rokok dikombinasikan secangkir kopi mix. :x :x :x
  3. Sediakan waktu yang cukup buat menulis, usahakan saat dimana anda yakin anda bisa konsentrasi pada topik yang akan ditulis. kalau kondisinya bising gunakan Headset dan dengar MP3 favoritmu agar polusi suara disekitar bisa teredam, buat diri anda santai karena jika stress point kedua diatas sudah tidak terpenuhi.
  4. Jangan terlalu serius karena tulisan yang terlalu serius biasanya panjang dan membosankan, selingi dengan sedikit jokes ringan.
  5. Fokus pada tema artikel yang dibuat dan diusahakan tulisannya tidak terlalu panjang (kurang lebih 400 kata sudah OK), jika ternyata artikelnya tetap panjang bagi saja menjadi beberapa bagian, kemudian sisa artikel bisa jadi bahan untuk artikel berikutnya.
  6. Jangan menyerah....jangan menyeraaa...aa..aah.. (by D'Masive). Sebab seiring dengan waktu dan konsistensi Anda dalam menulis hambatan apapun nantinya bukan lagi penghalang untuk terus menulis.
Membuat Artikel jadi menyenangkan bisa jadi berbeda-beda masing-masing pribadi tapi setidaknya dengan membaca artikel ini sampai habis tujuan saya membuat artikel ini terwujud bukan :D

Selamat ngeblog dan semoga bermanfaat.

Ajakan buat Blogger yang berminat : Jika keenam cara diatas menurut anda masih kurang silahkan ditambahkan dalam bentuk artikel di blog anda, nanti akan saya buat link yang menuju ke artikel yang dibuat itu (begitu juga sebaliknya), bagaimana... sepakat?
Kalau artikelnya sudah di publish beritahukan lewat form komentar dibawah ini ya :)

2 komentar:

Planetto mengatakan...

thsnks tipnya,..

saat ini masi belajar menulis, hehe..
maklum.. setiap bikin paragraf bingung nentuin,

'
yang induktif,.. ato deduktif nya,... hehe

Oentoe_09 mengatakan...

@ Planetto: sama-sama Mas, tapi dilihat dari postingan di blognya Mas, informasi didalalmnya variatif dan bermanfaat buat semua kalangan...

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support