mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

How to: Mengelola Commenting System blogspot

Commenting system atau Sistem Komentar di blogspot memang cukup baik terutama dari sisi pengaturannya, dimana kita bisa menghindari komentar-komentar yang bernada SPAM atau bernada apapun yang tidak sesuai dengan isi di blog anda. Di satu sisi berbagai pilihan sistem komentar yang diterapkan akan mendatangkan pengaruh yang berbeda-beda terhadap "pergaulan" blog tentunya. diperlukan pemilihan model pengaturan sistem yg tepat agar tidak menjadi boomerang bagi blog kita sendiri.

masuk di akun blog -> Pengaturan -> Komentar. Kemudian perhatikan opsi yang terdapat pada laman ini, berikut hal-hal yang mungkin bisa membantu anda dalam menentukan setting terbaik untuk blog Anda.
  1. Menampilkan komentar di blog, sebaiknya jika ingin mengetahui respon dari pengunjung blog opsi "tampilkan" harus menjadi pilihan, jika anda memilih opsi "sembunyikan" artinya diskusi kita cuma sampe point satu :x .
  2. "Siapa yang Bisa Berkomentar ?" Jika anda menginginkan siapapun bisa merespon artikel anda opsi "siapapun" (termasuk pengguna anonim) bisa menjadi pilihan namun jika menginginkan para komentator anda jelas asal-usulnya bisa menggunakan opsi "Pengguna Terdaftar - termasuk OpenID" atau opsi berikutnya (pengguna dengan google account or hanya anggota blog) dengan cara ini anda bisa menghemat waktu men-filter komentar-komentar bernada SPAM.
  3. "Penempatan Formulir Komentar" saat ini opsi "Disemat di bawah entri" adalah pilihan terbaik, apalagi template yang tersedia baik itu costum template ataupun yang default template sudah mendukung fasilitas ini.
  4. "Default Komentar untuk Entri", sebaiknya berada di opsi "Entri baru memiliki komentar" karena opsi kedua hanya cocok buat yang tidak menginginkan adanya komentar di artikel yang di posting.
  5. "Tautbalik", satu opsi yang sebaiknya menjadi pertimbangan anda, ini ibarat bonus bagi pengunjung yang juga memiliki link yang bisa dikunjungi oleh anda ataupun orang lain yang  mampir dan ikut membaca komentar.
  6. "Bawaan Tautbalik untuk Posting" jika anda ingin merubah link pada judul blog, maksudnya link yang berada di artikel ketika di klik akan membuka artikel lain yang anda pilih sebagai tautan dari artikel tersebut.
  7. "Format Timestamp Komentar", untuk ini diserahkan sepenuhnya dari selera anda saja ;) 
  8. "Pesan Formulir Komentar" gunakan bahasa yang baik dalam pesan, singkat dan jelas. Setidaknya jika anda termasuk orang yang tidak senang dengan SPAM utarakan saja di pesan ini, atau ada pesan lain buat yang berkomentar mis: 10 komentar pertama akan dapat Love link dari saya" or dll.
  9. "Moderasi komentar", menampilkan langsung atau memerlukan moderasi dari anda itu terserah dari Anda sebagai pemilik blog, bagi yang langsung  akan memberi efek praktis buat pemilik dan bagi komentator karena apa yang mereka utarakan cepat terlihat pada komentar tersebut, hanya saja peluang untuk menampilkan pesan yang bernada Junk tentu terbuka, karena itu point 10 harus dalam opsi "Ya". Namun jika memilih opsi  "selalu" anda bisa menampilkan komentar yang muncul dan sekaligus meresponnya dibandingkan jika opsi  "tidak pernah", sebab ospi "tidak pernah" membuka peluang untuk seseorang berkomentar tidak sesuai dengan isi blog anda.
  10. "Tampilkan verifikasi kata untuk komentar?" agar anda yakin yang berkomentar adalah "human" dan bukannya program sebaiknya pilih opsi "YA"
  11. "Tampilkan gambar profil dalam komentar?" opsi ini hanya berlaku jika komentator menggunakan account goggle saat berkomentar di blog anda.
  12. "Email Pemberitahuan Komentar" manfaatnya bagi anda yang lebih sering ngecek email di bandingkan langsung ke CP blog anda. selain itu jika sebuah blog di kelola bersama fasilitas ini akan memberi tahujan ke member blog anda yang lain perkembangan terbaru (komentar) artikel di blog anda.
  13. Jangan lupa untuk menyimpan perubahannya.

Well ini hanya sebuah saran dari berbagai alternatif mengelola blog dari sisi komentar, apapun itu anda adalah pemilik dan anda berhak mengatur blog anda sesuai keinginan, Semoga bermanfaat.

6 komentar:

health news online mengatakan...

Nice tips bro
sayang ane ga make blogspot lagi
abis bolak balik dibanned secara sepihak
tapi hampir sama aja kok dengan blogspot.com

Oentoe_09 mengatakan...

@health news online :
your welcome my friend... hmm jarang-jarang loh dapat temen yang kena banned ma Blogger.com
btw webnya keren, numpang baca biar ttp sehat ya ;)

rayhan mengatakan...

siipp tips nya..salam kenal

Let's Share Together mengatakan...

alo salam kenal :)
nice tips bos :)
btw tukeran link yuk :D
ditunggu kabar baiknya ya :)

r10 mengatakan...

berdasarkan pengalaman verivikasi kata di blogspot ga perlu, malah mengganggu (sistem wordpress jauh lebih baik)

Oentoe_09 mengatakan...

@ Rayhan & Lets Share Together : Salam balik Friends :D
@ LST : Boleh link sudah saya pajang di widget "Friends Blog" :D
@ r10 : tiap blogger punya selera and tipsnya masing-masing, semua di balikin lagi ke pemilik blog, for me verfikasi kata untuk memastikan bahwa yang nulis itu mmg "human" not robot or sejenisnya.. anyway thanks for share friends ;)

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support