mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Part 1: “Menebar benih (Keyword) di kebun uang (Blogspot)”

Persiapan menjadi Petani Blogger
Membuka lahan,mengolah dan merawat tanaman kemudian memanen hasilnya tidak hanya dilakukan oleh para petani saja… dalam dunia blogger pun demikian, perumpamaan itu seperti berikut :

  • Lahan/kebun = Blog
  • Tanaman = Konten, dan
  • Bibit = Keyword/kata kunci.
Bagaimana cara menjadi seorang petani (Blogger) yang suksesintinya adalah tahu cara mengolah lahan dengan benar, mengenal karakterisitk tanaman (konten) dan bibit (kata kunci) yang tepat, berikut ini adalah tips yang mungkin bisadigunakan sebagai menjadi petani (blogger):
Langkah pertama: Memilih lahan (Penyedia layanan Blog)
Kenali dulu lahan tersebut, mulai dari jenis tanah maksudnya layanan blog gratis atau berbayar, luas lahan semakin luas lahan maka semakin besar peluang mendapat hasil panen yang lebih besar, dalam hal ini memilih layanan blog yang akan digunakan apakah blog tersebut memberi kebebasan yang luas dalam mengolah blog atau membatasi hanya sekedar untukmemasang konten. Berikut adalah alasan mengapa pilih gratis atau berbayar.
Memilih Service gratis jika :
  • belum punya dana lebih selain modal koneksi internet.
  • masih tahap belajar atau pemula.
Memilih Service berbayar jika:
  • punya dana lebih yang dipersiapkan sebagai modal awal.
  • punya pengetahuan dan pengalaman seputar dunia internet serta bisnis online alias bukan lagi pemula lagi.
Langkah kedua: memilih jenis tanaman (konten)
Setelah menentukan pilihan lokasi lahan, kemudian menentukan jenis tanaman (konten), dalam proses memilih disarankan untuk memilih konten yang nantinya bisa mendatangkan pengunjung karena pengunjung disini diumpamakan sebagai para pembeli hasil konten kita, semakin banyak peminat konten blog maka peluang untuk meraih keuntungan semakin besar, lakukan survey ke blog-blog para senior atau blog yang memiliki topik yang sama atau mirip dengan blog yang akan dibuat, kemudian perhatikan hal-hal sebagai berikut:
  • Tingkat popularitas blog tersebut, gunakan tool web service yang khusus mengetahui tingkat popularitas sebuah situs misalnya alexa atau google pagerank checker.
  • Topik yang paling sering muncul dan di komentari para pengunjung di situs tersebut, karena dengan memperhatikan pertanyaan dari para pengunjung dan mengetahui jawaban dari pertanyaan mereka bisa menjadi inspirasi dalam membuat konten di blog kita nantinya.
Langkah ketiga: memilih bibit (kata kunci)
Bibit yang unggul akan menghasilkan tanaman yang unggul pula, kurang lebih makna yang sama berlaku untuk pemilihan keyword yang tepat akan mendatangkan pengunjung banyak yang baik pula. Jika kita mengetahui kata kunci yang paling banyak dicari di mesin pencari dan menempatkannya dalam konten di blog maka peluang mendatangkan pengunjung menjadi besar pula dan sudah tentu peluang memperbesar penghasilan juga ikut naik.
Mencari kata kunci yang sesuai dengan blog kita saat ini bukanlah perkara susah tapi juga tidak semudah membalikkan telapak tangan, saat ini banyak web yang memberi layanan pencari kata kunci diantaranya tool dari overture atau free keyword tool di situs digital point.
Setelah mendapatkan kata kunci yang sesuai kemudian kita sisipkan di beberapa lokasi berikut:
  • Menanamkannya di dalam template melalui proses edit HTML, tepatnya membuat meta tag keyword seperti ini:
<meta content=’katakunci01,katakunci02,katakunci03’name=’keywords’/>
Letakkan kode tersebut diatas tepat dibawah kode <head>, dan ganti kata yang berwarna merah dengankeyword yang telah telah ditentukan sebelumnya.
  • Setelah itu usahakan setiap judul artikel Kita mengandung kalimat yang berisi kata kunci .
  • Letakkan 1 kalimat kunci diawal atau diakhir setiap artikel blog. Usahakan jangan menyisipkan kalimat yang mengandung kunci yang sama dengan kalimat kunci di judul artikel yang sama, dan jika menyisipkan kalimat yang mengandung kata kunci diawal posting sebaiknya jangan melakukannya lagi diakhirposting begitu pula sebaliknya.
Ketiga point diatas hanyalah upaya agar mesin pencari bisa mengindeks dengan mudah blog saat seseorang memasukkan kalimat yang mengandung kata kunci kita. Bagaimana pengunjung “jatuh cinta” dengan blog kita tergantung ketekunan blogger memanjakan dan menghilangkan dahaga mereka, jujur untuk hal tersebut saya pribadi belum sampai pada level tersebut, jika diantara rekan-rekan punya tips tentang topik tersebut tolong dibagi infonya ya…!!!
Semoga tulisan ini bisa memberi manfaat dan bisa membantu rekan-rekan semua menjadi seorang petani…eh maksud saya blogger yang sukses dalam ngeblog dan berbisnis online tentunya.

ARTIKELTERKAIT YANG MUNGKIN BELUM DIBACA:
Atau silahkan lihat artikel blog ini di sidebar “Daftar Artikel” blog ini.

1 komentar:

Download Ebook Gratis | cara-blog | kumpulan bisnis online mengatakan...

mantab dan bagus banget nich blognya, kunjungan balik ya bro di download ebook gratis =p

Posting Komentar

Label

Blog support

Entri Populer