mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Behind The Screen “O_09H Template”-part 1

O_09H adalah singkatan dari Oentoe_09 Home, tidak lain merupakan nama blog ini, berhubung diawal tahun ini saya sukses modifikasi template minima white menjadi seperti tampilan saat ini saya jadi ingin bikin artikel tentang tahapan proses yang saya lakukan dalam memodifikasi template ini.
Cuap-cuap dulu
Blogging bagi saya itu seperti rumah, tempat dimana saya bisa mengeluarkan segala isi kepala dan hati yang tidak bisa ataupun tidak cocok jika mesti di keluarkan di tempat lain namun sangat bisa dan penting buat diletakkan dalam blog, dengan nge-blog kita memiliki kebebasan, bergaul dengan sesama tetangga (blogger lain).
Jika dibandingkan penyedia layanan blog lain, dalam hal ubah-mengubahblogspot templates memiliki keterbatasan yang menurut sebagian orang itu menyusahkan but menurut saya pribadi disinilah salah satu tantangannya. Diluar dari keterbatasannya, blogspot memiliki banyak kemudahan, salah satunya adalah kebebasan dalam mengedit kode HTML/JavaScript dan CSS template sesuka hati tapi dengan tidak melanggar TOS Blogger.com tentunya.
Seperti judul diatas ”Behind The Screen Of Oentoe09 Home Template (BTSOHT)”, saya akan membeberkan proses modifikasi template ini. Biar lebih jelas perubahan seperti apa yang terjadi pada blog ini silahkan lihat screen capture blog ini sejak pertama nongol di dunia blogger dan tampilan yang sekarang.
Untuk bagian pertama artikel BTSOHT berikut adalah langkah awal saya dalam memodifikasi.
Persiapan Awal
Sebelum menulis lebih jauhberikut ini adalah persiapan yang saya lakukan dalam mengubah tampilan template ini.

1. konsep template, konsep yang saya ingin buat sederhana saja yaitu:
Template Size (ukuran), yang dimaksud disini adalah lebar tampilan template pada layar, berhubung template saya menggunakan 3 kolom (1 main post dan 2 sidebar), maka ukuran lebar template saya ubah dari 660px menjadi 980px.
Template Colors (warna), berhubung saya suka dengan kombinasi orange, hitam dan putih so seperti yang dilihat template ini yang dominan adalah ketiga warna tersebut.
3 Columns template (menambah sidebar jadi 2), jumlah kolom 3 dengan posisi posting berada di sebelah kiri dan kedua sidebarnya berada disebelah kanan.
3d effect, pada background template efek drop shadow (bayangan) biar terkesan 3d.

2. Kedua; mencari referensi. Agar nantinya modifikasi yang diinginkan bisa terwujud. Referensi untuk memodifikasi template banyak terdapat di internet, berikut adalah blog dan web yang menjadi referensi saya dalam memodifikasi template ini:

Setelah mendapat tutorialyang dibutuhkan, tidak lupa saya bookmark dulu halaman tersebut agar nantinya tidak perlu lagi menuliskan alamat untuk sekedar membaca tutorial tersebut di kemudian hari.

3. Explorasi kode template, ini adalah hal yang paling memakan waktu sekaligus membosankan, coz dari satu artikel ke artikel lain seputar modif template kadang dibahas tidak tuntas sehingga sisanya saya mesti uji dan mencoba memahaminya sendiri,berhubung saya tidak punya basic ilmu pemrograman dan tidak tiap hari bisa ngenet salah satu langkah mudah adalah menggunakan freeware HTML/Javascript editor yaitu NotePad ++ atau juga yang bawaan windows seperti Notepad,saya pribadi menggunakan Notepad++ software yang muantabfz sekaligus powerful buat neubi seperti saya :).

4. Tools yang digunakan, seperti pada point ketiga tools ini salah satunya adalah Notepad++, untuk mendesain tata letak, tampilan warna, desain header saya gunakan corel draw X3, untuk finishing image dan menentukan warna sekaligus kode warna untuk background saya gunakan Photoshop.

5. Backup kode template lama dan semua kode html/JavaScript widget, ke dalam file notepad dan menyimpannya di hardisk.

Finally thanks for coming, selamat ber-blogging ria dan jika ada pertanyaan, saran dan kritik seputar artikel atau pun blog ini mohon disampaikan lewat kolom komentar saja sebisa mungkin akan saya feedback sesuai kemampuan saya tentunya, sekali lagi terima kasih atas kunjungannya :).

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support