mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

FAQ bikin menu bar di blogspot

Pada artikel sebelumnya blog ini pernah memposting artikel mengenai bagaimana membuat menu bar di blog berplatform blogspot dan kebanyakan rekan-rekan yang mencoba tutorial ini kebanyakan bermasalah saat memasukkan LIST MENU karena link yang mereka masukkan ternyata tidak berfungsi baik, sebenarnya masalah bukan pada tutorial blog ini (he..he..he.. ;) )tapi pada anda atas banyaknya pemahaman yang salah teman yang kurang teliti tersebut mengakibatkan kesalahan muncul misalnya pesan error ketika mengklik link menu yang dibuat, sebenarnya rahasia sukses bikin menu bar adalah sebagai berikut:

  • Setiap membuat artikel tentunya kita selalu membubuhkan LABEL dan hukumnya wajib jika ingin menu yang dibuat aktif.
  • Catat setiap label yang telah dibuat dan harus memperhatikan huruf yang digunakan jika label misalnya di tulis "Tips Ngeblog" (tanpa tanda kutip) maka kata yang dimasukkan adalah Tip Ngeblog, jadi kesemua link pada menu bar yang dimasukkan adalah <a href=NAMABLOGANDA.blogspot.com/search/label/Tips%20Ngeblog'>Tips Ngeblog</a>
  • dan jika menggunakan dua kata seperti diatas maka spasi mesti digantikan dengan menambahkan kode %20 diantara kedua kata tersebut.
  • Save hasil perubahan dan coba untuk menguji link yang sudah anda buat tadi.
  • WARNING..!!!! yang ini bukan masuk langkhkeempat cuma mau mengingatkan kalau artikel anda tidak memiliki LABEL ketika memposting artikel dijamin link Menu Bar yang dibuat tidak akan berfungsi alias nyasar ke halaman yang bertuliskan "Maaf, laman yang sedang Anda cari dalam blog very bery mommy tidak ada." (minjem istilah Maminya Nadnad) oleh karena itu sekali lagi segeralah edit kembali artikel-artikel yang belum dibubuhi label biar aktif menu-menu yang telah dibuat..

Finally semoga artikel susulan mengenai "Bikin Sendiri Menu Navigasi  Untuk Blogspot" ini bisa membantu rekan-rekan yang lagi serius mempercantik blog dengan menambahkan menu...
Semoga Berhasil dan Selamat Berblogging Ria ;)

Kalo mau tau cara bikin menu bar yang laen bisa baca disini atau disana dan disitu.

Tambahan:
buat yang ingin menambahkan  latar berbeda menu navigasi (kayak blog i-bH-deritapegawei.blogspot.com) bisa langsung menyisipkan kode CSS untuk latar misalnya pake warna hitam so anda tinggal menyisipkan kode warna di CSS menu, lebih jelasnya bisa lihat contoh peletakannya di bawah ini:

.menubar{
background: #000000;
width: 100%;
font-family: Verdana, Arial, Helvetica, sans-serif;
font-size: 12px;
font-weight: bold;
font-style: normal;
text-decoration: none;
}

Kode merah adalah CSS kode yang ditambahkan untuk memberi warna pada latar, dimana pada pada contoh diatas saya memilih warna Hitam (kode warna : #000000), silahkan ganti dengan warna sesuai selera anda. ;)
Kalau Anda membiarkan warna background transparant  tapi border mengganngu anda sisa menghapus kode untuk border bisa dilihat contoh CSSnya berikut ini:

.menubar ul{
margin: 0;
padding: 0;
float: left;
width: 100%;
background: #FF6C00
border-top-width: 1;
border-right-width: 1px;
border-bottom-width: 1px;
border-left-width: 1px;
border-top-style: solid;
border-right-style: solid;
border-bottom-style: solid;
border-left-style: solid;
border-top-color: #808080
border-right-color: #808080;
border-bottom-color: #808080;
border-left-color: #808080
}
Hapus kode berwarna merah untuk menghilangkan border. silahkan bereksplorasi dan segala resiko kerusakan di tanggung pribadi masing-masing so backup template wajib hukumnya sebelum melakukan perubahan... Well semoga bermanfaat and good luck ;) ;)

Siapa tahu ada yang berminat :
Buat rekan-rekan yang suka nyoba template gratisan atau sekedar menambah koleksi template blogspot buat dishare lewat Ziddu anda boleh ngetes template hasil iseng-iseng saya di Ziddu.com yaitu:

9 komentar:

zilal mengatakan...

makasih bangat mas oentoe atas penjelasannya, sekarang menu navigasinya sudah berfungsi dan makasih sekali lagi telah berkunjung ke blog saya yang masih "berantakan"

Oentoe_09 mengatakan...

@ Zilal:
Sama-sama Mas ;)

Unknown mengatakan...

Mas oentoe gmana cara maukan postingannya ke dalam menu navigasi nya... susah

Oentoe_09 mengatakan...

@ moexty
gak kok, klo bacanya jeli pasti dah tau gimana cos postingan diatas itu adalah topik yang jadi pertanyaannya moexty skrng

i-bH mengatakan...

tengkiu infonya..
aku ada sedikit masalah mas.. karna menubar nya nabrak image header.. supaya menu barnya sedikit di atas image header, html code sebelah mananya ya yg harus di rubah/edit? saya dah coba2 ganti tp blm ketemu .. mohon pnecerahannya , trims :)

i-bH mengatakan...

makasih banyak atas kunjungan and inputnya.. dah di coba.. maacih yahh..
oh aku blogroll ya, mas :)

Oentoe_09 mengatakan...

alhamdulilah and makasih blogrollnya ;)

prafangga mengatakan...

keren ini dia yang saya cari thx atas tips trik nya

kursus online mengatakan...

terimakasih gan untuk tutorialnya.. semoga bermanfaat, di tunggu kunjungan balikknya ea

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support