mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Modifikasi tampilan menu breadcrumb blogspot

modifikasi menu breadcrumb, seo friendly widget
Menu breadcrumb sebelumnya telah berhasil dipasang pada blog ini (baca: sukses memasang menu breadcrumb di blog) adapun manfaatnya sudah pasti untuk mempermudah sistem navigasi blog juga untuk mengikuti saran para ahli SEO blogspot bahwa menu breadcrum berpengaruh besar dalam pencapaian di halaman pertama mesin pencari terutama bagi mereka yang memiliki blog atau website berperingkat (PR) 3 keatas.

Ternyata dalam mempraktekkan metode ini diblogspot template ada beberapa masalah sederhana namun cukup menggangu tampilan dari menu breadcrumb ini diantaranya;
  1. Tampilan huruf agak besar.
  2. Untuk blog berbahasa indonesia keterangan memunculkan artikel berdasarkan kategori masih berbahasa inggris, misalnya kita memiliki artikel berlabel SEO maka tampilan menu breadcrumb akan menjad "Home » Post filed under SEO" dan atau ketika pembaca ingin melihat semua postingan maka menu yang muncul adalah "Home » All post".
  3. Label artikel yang muncul terkadang tidak sesuai dengan label utama dari artikel yang ditampilkan.
  4. Dan yang terakhir walaupun bukan mengenai tampilannya tetapi menyangkut alasan kuat mengapa Breadcrumb menu menjadi penting yaitu "bagaimana membuat menu breadcrumbs blogspot menjadi lebih diakrabkan dengan mesin pencari?".
Well jadi jika keempat hal diatas muncul pada menu breadcrumb anda, berikut ini adalah cara sederhana (menurut saya tentunya...) dalam menyesuaikan tampilan menu breadcrum untuk blog ini. Sebelum lebih jauh membaca saya ingin mengingatkan bahwa cara memasang breadcrumb di blog saya ambil dari tutorial di Blogger Pluggins (bahasa inggris) tapi jika ingin membacanya dalam bahasa yang kita cintai bersama silahkan baca artikelnya tentang breadcrumb (klik saja). Jadi jika menu-breadcrumbs anda bukan dari Blogger pluggins mungkin ketiga masalah diatas tidak sama dengan menu breadcrumb di blog anda.

Sekarang silahkan ikuti langkah berikut untuk masalah point pertama diatas:
  1. Masuk ke control panel blog anda (www.blogger.com), pilih blog kemudian masuk ke  Rancangan -> Edit HTML, jangan lupa untuk selalu melakukan proses backup untuk berjaga-jaga jika terjadi kesalahan pengeditan dengan menekan link teks "Download template lengkap".
  2. beri tanda centang Expand Template widget.
  3. Tekan ctrl + F untuk mengaktifkan tab pencarian browser anda, kemudian isi field yang muncul dengan kata ".breadcrumb {" (tanpa tanda kutip).
  4. Setelah menemukannya perhatikan baris yang berisi font-size:95%; ganti nilai 95% dengan nilai yang lebih kecil untuk mengecilkan tampilan misalnya 85% (silahkan mencoba dengan nilai yang menurut anda lebih sesuai dengan tampilan di blog Anda).
  5. Setelah yakin silahkan tekan tombol SIMPAN TEMPLATE.
Jika sudah benar maka ukuran tampilan menu breadcrumb akan berubah menjadi lebih kecil. dan untuk solusi 2-4 akan dibahas di artikel berikutnya, so rajin-rajin saja buat berkunjung balik ke blog ini OK.
jika ada pertanyaan seputar point satu diatas silahkan manfaatkan comment form dibawah ini.
image from: khamardos.blogspot.com
 

2 komentar:

bd mengatakan...

konon, breadcrumb dengan panah satu '>' lebih mudah terindex dibandingkan panah dua '>>'

tapi ya saya kurang mengerti juga sih...
Salam kenal

Oentoe_09 mengatakan...

dicoba sendiri aja, btw salam kenal juga Sob :D

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support