mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

jump breaks (new read more) modification for custom template

Setelah lama dinanti akhirnya fasilitas readmore (blogger.com menamakannya “jump break”) bisa dimanfaatkan tanpa harus menanamkan kode khusus pada template, tapi ini hanya berlaku bagi template default yang disediakan oleh blogger.com, sedangkan bagi template yang telah dimodifikasi atau biasa juga disebut custom template tetap perlu diberi sedikit sentuhan miyabi tambahan kode html pada templatenya agar text link Readmore/baca selanjutnya bisa tampil di akhir bagian artikel yang dipenggal.

berikut ini cara meng-fungsi-kan readmore versi baru / jump break pada template modifikasi :

1. Langsung tuju Control Panel akun blogger, pilih blog setelah itu langsung klik tab “Tata letak --> “Edit HTML”, jangan lupa save/backup/download template lama (buat jaga-jaga) lalu beri tanda centang pada “Expand Widget” dan cari kode berikut ini:

<data:post.body>

Setelah itu copy paste kode dibawah ini tepat dibagian akhir kode diatas (setelah kode </div>):


<b:if cond='data:post.hasJumpLink'>
<div class='jump-link'>
<a expr:href='data:post.url + "#more"'><data:post.jumpText/></a>
</div>
</b:if >


Jangan lupa untuk simpan hasil pembedahan template perubahan dengan selalu menekan tombol “Simpan”

2. Masih dibagian tab “Tata Letak” pindah ke elemen halaman dan pada main-post (bagian artikel berada) pilih “edit” dan pada jendela window yang muncul (pop-up) masukkan kalimat keterangan misalnya: Readmore, baca selanjutnya or kalimat keterangan yang menurut rekan-rekan cocok dengan karakter blog, setelah itu klik tombol Simpan.

3. untuk mengaktifkan jump breaks di artikel lama klik ke Tab Posting --> Edit Entry, setelah masuk ke halaman editor pilih lagi mode pengeditan HTML dan tambahkan kode dibawah ini antara bagian artikel yang muncul dan bagian yang disembunyikan.

<!-- more -->

Note: untuk artikel selanjutnya bisa langsung mengklik tombol jump breaks yang berada pada mode Compose, posisi tombol jump breaks berada di sudut kanan atas.

Semoga tulisan sederhana ini bisa membantu rekan-rekan yang ingin memanfaatkan fasilitas readmore/jump breaks dan jika ada pertanyaan seputar artikel diatas silahkan langsung diberitahukan melalui commentary form.

baca juga artikel mengenai mengatasi bugs setelah pasang Jump breaks

baca Ebook Gratis seputar ngeblog secara, mau…??? :
cara ganti Domain blogspot ke Custom Domain
cara mempromosikan Blog Anda

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support