mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

3 cara reset Text Style di blogspot

Sebenarnya ini adalah pertanyaan yang pernah diberikan oleh seorang Rekan blogger beberapa waktu yang lalu, inti pertanyaannya adalah format teks saat memposting artikel tidak sama sebelum dan setelah dipublish, maksudnya saat masih mode compose (di kontrol Panel Blog) teks terlihat rapi dengan style teks align justify tetapi setelah dipublikasikan katanya berubah jadi kacau.

Cara pertama: reset lewat mode compose
Masih dalam mode compose di halaman POSTING, block semua teks artikel.
kemudian pada Toolbar klik teks align "justify".
Tekan tombol Pratinjau untuk mengecek hasilnya, jika OK silahkan Publish artikel.

Namun jika cara diatas tidak berhasil maka sabar saja or ganti template sekalian artinya kita mesti mengambil resiko untuk mengedit style teks artikel lewat CSS atau HTML code pada template. Berhubung ini akan sedikit sulit maka segala resiko dari tips berikut diluar tanggung jawab saya, jika setuju silahkan baca langkah-langkah me-reset tampilan baris teks style artikel diblogspot ini;

PERSIAPAN
Klik tab TATA LETAK pilih EDIT HTML dan selalu download template blogspot Anda untuk berjaga-jaga jika hasil edit tidak sesuai keinginan.
Setelah proses download template selesai, silahkan pilih salah satu dari kedua cara dibawah ini (dalam tutorial ini saya menggunakan template minima White sebagai template uji coba):

Cara Kedua: auto format dengan mengedit CSS Code
Jika ingin langsung mengubah seluruh Mode baris template, baik itu di main post (tempat artikel muncul), sidebar dan footer sekaligus. Maka kode yang harus dikerjain dicari dan diedit adalah kode CSS:
#outer-wrapper
tekan ctrl+F untuk mempercepat pencarian) jika sudah ketemu perhatikan kode yang ditebalkan/bold ini (kode: text-align:justify; ),


#outer-wrapper{
margin:0px auto;
padding:0px auto;
text-align:justify;
font:$bodyfont}


Tekan tombol PRATINJAU untuk melihat hasilnya, jika hasilnya sudah seperti yang diinginkan maka tekan tombol SAVE/SIMPAN.


Cara Kedua: auto format dengan edit HTML/Javascript template
Cara ini jika Anda ingin mengganti mode baris teks (text-align) hanya pada main post tanpa mempengaruhi style-align pada Sidebar dan footer, masih di Halaman EDIT HTML dan jangan lupa untuk memberi tanda contreng/centang pada EXPAND WIDGET. kemudian cari kode HTML/Javascript dibawah ini (tekan ctrl+F untuk mempercepat pencarian):

<div id='main-wrapper'>

setelah ketemu kode diatas replace/ganti kode diatas dengan kode kode dibawah ini:

<div id='main-wrapper' text-align: justify;'>

Keterangan Tambahan:
Justify hanya salah satu model dari style teks, jika anda ingin mencoba style yang lain anda tinggal mengganti kata "Justify" dengan:
  • left = jika ingin baris artikel rata kiri
  • right= jika anda ingin artikel rata kanan
  • center - jika anda ingin artikel berada di tengah

Jadi sekarang total ada 3 cara yang bisa dilakukan dalam mereset format baris teks artikel (teks align), mana yang paling baik sepenuhnya kembali kepada anda sebagai blog owner.

Buat mbak i-Bh mohon maaf ya kalau PR yang pernah diberikan baru sempat dikerjain sekarang maklum akhir-akhir ini lagi fokus diluar kebanyakan nonton reality show pansus century:x :D maksudnya kebanyakan offline dibanding online... mudah-mudahan bisa bermanfaat dan semoga PR ini tidak kadaluwarsa... :x :x :$
Btw biar lebih afdol setelah baca tulisan ini jangan lupa komentar ya ;) ;


==========================================================
Intermezzo:
Mau template gratis yang sudah di hack SEO and tambahan widget terbaru? silahkan sedot disini:

Free Orange Template



atau

Green World Template






2 komentar:

Anthony Harman mengatakan...

Semakin mantap aja tutorialnya, bro

Oentoe_09 mengatakan...

he..he..he makasih dah mampir bro.. ini juga berkat dukungannya mas Anthony :$ :$ :$

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support