mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Collusion :melacak si pelacak

Buat para netter video dari Gary Kovacs berjudul "Tracking the trackers (melacak pelacak)" wajib di tonton, agar bisa lebih paham lagi apa yang sebenarnya dilakukan oleh para pelacak tersebut, selain itu buat para blogger SEO mungkin add ons dari mozilla ini bisa menjadi senjata tambahan dalam ilmu SEO anda.

Lebih jelasnya langsung klik tautan videonya di Gary Kovacs "Tracking the trackers" atau baca ceramahnya di bawah ini
Saya tidak tahu mengapa, tetapi saya terus takjub saat bepikir bahwa 2.5 milyar orang di dunia saling terhubung satu sama lain melalui internet dan tiap saat lebih dari 30% populasi dunia dapat online untuk belajar, untuk mencipta, dan untuk berbagi.

 Dan jumlah waktu yang dihabiskan oleh setiap orang untuk melakukan hal ini juga semakin bertambah. Penelitian terbaru menunjukkan bahwa generasi muda saja menghabiskan lebih dari 8 jam per hari untuk online. (saya) sebagai orang tua dari seorang anak gadis berumur 9 tahun, angka ini sepertinya sangat rendah. (Tertawa)

Tetapi, seperti halnya internet telah membuka dunia untuk kita semua, internet juga telah membuka setiap orang dari kita terhadap dunia. Dan semakin hari, harga yang harus kita bayar untuk semua keterhubungan ini adalah privasi kita. Saat ini, yang banyak dari kita ingin percayai adalah bahwa internet adalah tempat yang pribadi; itu tidak benar. Dan setiap klik pada mouse dan setiap sentuhan pada layar kita seperti Hansel dan Gretel (tokoh dongeng Jerman) yang meninggalkan remah roti dari informasi pribadi kita setiap kita menjelajahi "hutan" digital. Kita meninggalkan tanggal lahir kita, tempat tinggal kita, ketertarikan dan kesukaan kita, status hubungan kita, sejarah keuangan kita, dan sebagainya.

Jangan salah kaprah, saya sama sekali tidak mengatakan bahwa membagi informasi adalah hal yang buruk. Pada kenyataannya, ketika saya tahu data apa yang dibagikan dan saya secara terbuka dimintai persetujuan untuk itu, saya ingin agar beberapa situs mengerti kebiasaan saya. Hal ini membantu mereka untuk memberikan saran buku apa yang sebaiknya saya baca atau film apa yang sebaiknya ditonton oleh keluarga saya atau kita harus berhubungan dengan teman yang mana. Akan tetapi ketika saya tidak tahu dan tidak diminta, pada saat itulah masalah muncul. Ini adalah sebuah fenomena yang terjadi di internet sekarang ini yang disebut sebagai pelacakan perilaku, dan ini adalah bisnis yang sangat besar.

Pada kenyataannya, telah terbentuk suatu industri yang bertujuan membuntuti kita melewati "hutan" digital dan menyusun profil untuk setiap orang dari kita. Dan ketika semua data tersebut diperoleh, mereka dapat melakukan hampir apapun yang mereka inginkan dengan data tersebut. Ini adalah area yang saat ini memiliki sangat sedikit peraturan resmi dan lebih sedikit lagi aturan main. Kecuali untuk beberapa pengumuman baru-baru ini di US dan Eropa, ini adalah area dimana perlindungan terhadap pengguna hampir sama sekali tidak ada.

Jadi, izinkan saya memaparkan industri tersembunyi ini sedikit lebih jauh. Visualisasi yang anda lihat di belakang saya ini disebut Collusion dan ini adalah add-on browser yang sedang diuji-coba yang bisa anda instal pada browser Firefox anda yang akan membantu anda melihat kemana data Web Anda pergi dan siapa yang melacak Anda. Titik-titik merah yang anda lihat ini adalah situs yang memiliki pelacakan perilaku yang belum pernah saya kunjungi, tetapi sedang mengikuti saya. Titik-titik biru adalah situs yang telah saya kunjungi secara langsung. Dan titik-titik abu-abu adalah situs-situs yang juga mengikuti saya, tetapi saya tidak tahu siapa mereka. Mereka semua terhubung, seperti yang dapat anda lihat, untuk membentuk "gambar" saya di web. Dan inilah profil saya.

Jadi, izinkan saya beranjak dari sebuah contoh ke sesuatu yang sangat spesifik dan personal. Saya meng-instal Collusion pada laptop saya 2 minggu yang lalu dan saya membiarkannya mengikuti saya pada hari-hari biasa. Nah, seperti kebanyakan dari anda, saya memulai hari saya dengan online dan mengecek email. Kemudian saya mengunjungi situs berita, mencari beberapa tajuk rencana. Dan pada kasus ini saya menyukai salah satu dari tajuk rencana tersebut tentang keuntungan pemahaman musik di sekolah-sekolah dan saya membagikannya melalui sosial media.

Putri saya kemudian bergabung di meja makan, dan saya bertanya, "Apakah ada penekanan terhadap pemahaman musik di sekolahmu?" Dan dia, pastinya, selayaknya anak berumur 9 tahun, melihat kepada saya dan bertanya,"Apa itu pemahaman?" Jadi, saya menyuruh dia untuk online, tentu saja, untuk mencari tahu. Sekarang izinkan saya berhenti di sini. Kami bahkan belum memulai sarapan dan sudah ada hampir 25 situs yang mengikuti saya. Saya telah mengunjungi 4 situs.

Jadi, izinkan saya mempercepat sisa hari saya. Saya pergi bekerja, saya mengecek email, saya log on ke beberapa situs sosial, saya menulis blog, saya mengecek beberapa berita lagi, saya membagi beberapa berita, saya melihat beberapa video, hari yang sangat biasa -- pada kasus ini, sebenarnya lebih serius dari biasanya -- dan pada saat hari saya berakhir, lihat profil saya. Jumlah titik merah telah meledak. Jumlah titik abu-abu tumbuh secara exponensial. Seluruhnya, terdapat lebih dari 150 situs yang sedang melacak informasi pribadi saya, kebanyakan dari mereka tanpa persetujuan saya.

Saya melihat gambar ini dan ini membuat saya takut. Ini bukan apa-apa. Saya sedang dibuntuti di Web. Dan kenapa ini terjadi? Jawabannya sederhana -- ini adalah bisnis yang besar. penghasilan dari perusahaan-perusahaan top di bidang ini saat ini lebih dari 39 miliar dolar. Dan sebagai orang dewasa, kita pastinya tidak sendirian. Ketika saya meng-instal profil Collusion saya, saya meng-instalnya untuk putri saya juga. Dan hanya pada suatu hari Sabtu pagi, lebih dari 2 jam di internet, ini adalah profil Collusion dia.

Ini adalah seorang anak berusia 9 tahun yang mengunjungi situs anak-anak. Saya beralih dari sini, dari takut menjadi sangat marah. Ini bukan lagi tentang saya sebagai pelopor teknologi atau pendukung privasi; ini adalah tentang saya sebagai orang tua. Bayangkan bila di dunia nyata seseorang membuntuti anak-anak Anda dengan kamera dan buku catatan dan merekam semua kegiatan mereka. Saya yakin, tidak ada seorang pun di ruangan ini yang akan tinggal diam. Kita akan mengambil langkah. Mungkin bukan sebuah langkah yang baik, tapi kita akan mengambil langkah. (Tertawa) Kita juga tidak boleh duduk diam di sini. Hal ini terjadi hari ini.

Privasi bukanlah sebuah pilihan, dan bukanlah harga yang harus kita bayar untuk sekedar ber-internet. Suara kita penting dan langkah kita lebih penting lagi.

Hari ini, kami telah meluncurkan Collusion. Anda dapat men-download nya, meng-installnya pada Firefox, untuk melihat siapa yang mengikuti anda di Web dan mengikuti anda melalui "hutan-hutan" digital. Selanjutnya, semua suara kita harus didengarkan. Karena sesuatu yang tidak kita tahu sebenarnya dapat membahayakan kita. Karena ingatan di internet adalah kekal. Kita sedang diawasi. Sekarang giliran kita untuk mengawasi pengawas kita.

Terima Kasih.

(Tepuk Tangan)
Sumber : http://www.ted.com/talks/gary_kovacs_tracking_the_trackers.html
image : http://blog.mozilla.org/


2 komentar:

Gopar mengatakan...

nice share sob...kunjungannya ya??

Oentoe_09 mengatakan...

makasih sob, tugas blog walking sudah terlaksana :D

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support