mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

belajar edit template, kok kamu bisa saya tidak ya…???

belajar edit template, Blog Hack, blog Tips
“Latihan tidak menjadikan Anda sempurna tapi membuat kemampuan Anda Permanen”
Sudah lupa dimana dan dari siapa kalimat diatas saya baca, yang jelas kalimat tersebut mengingatkan saya ketika diawal memulai tertarik ngeblog dan tentunya belajar bagaimana menjadikan blog ini terlihat “beda” dengan blog-blog yang lain, pikiran pemula saya bilang template blog ini mesti punya ciri khasnya sendiri. Sempat menilai diri “naïf” karena jelas-jelas tidak pernah sekolah ataupun kursus yang mempelajari seputar HTML, javascript dan CSS but pada akhirnya template ini berhasil dibedah plastik dan bisa dengan noraknya :x :x :x menyarankan teman-teman yang mampir ke blog ini untuk mencoba template hasil otak-atik saya :D ;) :x
Jelas memang ini bukan parameter dan jaminan bahwa kita yang belajar otodidak akan bisa mendapat hasil yang sama dengan yang mengenyam pendidikan resmi but kalau boleh berbagi pendapat dan pengalaman mungkin beberapa tahap berikut ini bisa ikut menambah semangat teman-teman buat terus belajar dan belajar secara otodidak sampai mendapatkan apa yang ditargetkan:

Konsep/Desain Template
Konsep peruntukan maksudnya apakah lebih menonjolkan artikel atau menonjolkan sisi komersilnya jadi bisa menentukan ukuran main bar (untuk artikel) dan sidebar (untuk gadget navigasi blog dan program komersial)
Konsep model template dengan cara membuat desain awal di photoshop atau corel draw mulai dari lebar dan kombinasi warna template, jenis dan warna huruf yang digunakan dll.
Jika sudah ikutan program monetisasi blog kayak iklan ppc (AdSense, PPC Indo, AdsenseCamp dll) Sebaiknya perhitungkan juga ukuran-ukuran yang disediakan oleh penyedia jasa tersebut agar ketika menanamkan iklan ke blog terlihat kompak dan menyatu.

Tetapkan Tujuan
Awalnya agak susah ketika pikiran ini menggambarkan wujud akhir dari template yang diinginkan, namun bentuk akhir dari template tersebut menjadi begitu penting untuk mengfokuskan apa yang ingin kita perbuat pada template standar kita nantinya, misalnya ingin template memiliki 2 kolom, pasang header dan footer yang kompak, dst.

Mencari Referensi
Karena sudah jelas bukan seorang yang punya background pengetahuan seperti yang disebutkan diatas, mesin pencari menjadi penasehat dalam menemukan ilmu yang dicari. Sebaiknya jangan pernah membatasi diri kita dari siapa dan dimana tips itu datang apakah dia seorang master ataupun masih pemula, berbahasa Indonesia atau Inggris, menurut saya pribadi yang penting bisa dipahami dan diterapkan sesuai dengan apa yang kita cari sudah cukup.
Dan jangan lupa bookmark web/blog agar kapan saja dibutuhkan tinggal mencari di daftar bookmark browser kita, kalau tersedia fasilitas berlangganan lewat email sebaiknya daftarkan juga email anda, agar kita bisa mengetahui tutorial-tutorial terbaru dari blog tersebut dikemudian hari.


Mencoba dan Bereksperimen Sendiri
Tidak semua tutorial yang di temukan berjalan sukses dan mulus ketika kita menerapkannya ke dalam template yang kita miliki tapi jangan menyerah, untuk mencegah kerusakan sebaiknya selalu backup template sebelum melakukan pembedahan.
Jika error perhatikan pesan yang muncul, kemudian tuju blog yang memberikan cara tersebut tapi jika tidak direspon jangan biasakan menunggu, usahakan untuk mencobanya dengan logika anda sendiri alias trial error, biasanya cara ini sukses saya lakukan dan memberi pemahaman lebih terhadap tutorial tersebut.

Semoga tulisan ini bisa membantu rekan-rekan yang ingin mencoba belajar apa saja seputar ngeblog terutama mengedit template sesuai selera, jangan batasi keinginan untuk belajar tidak pernah terlalu muda atau tua untuk mendapatkan pengetahuan tentang sesuatu yang ingin dipelajari, bagaimana menurut anda ? ;) :) :k

Ini dia template hasil bedah pemula? Cobain yang ini juga dunk :
Oentoe_09 – Orange | Preview
Oentoe_09 – Blue | Preview

atau mau nambah koleksi ebook ngeblog? silahkan download ebook berikut :
ebook gratis cara ganti Domain
Ebook Pilihan: Belajar Tips dan Trick Adsense

10 komentar:

kre_thek mengatakan...

yup setuju kk,,
biasanya ada yang mendapatkan error, tapi orang tsb malah ngomel2 :D
gag mau nyoba sendiri dan cari tau salah nya..
hehehe..
maju terus kk..

andriristiawan mengatakan...

practice make perfect :D
belajar terus... karena belajar emang ngga ada habisnya :)
banyak eksperimen tambah banyak ilmunya ntar :)
bisa karena terbiasa :)

Oentoe_09 mengatakan...

@ Kre_thek :
benar mmg terkadang niat baik tidak selamanya ditanggapi dengan baik juga :x , mungkin sudah resiko but kalau saya pribadi kembali ke niat saja, di bawa enjoy sajalah... ;)

@ Andriristiawan:
100% sepakat :D :D :D

boogle mengatakan...

setuju dengan kata2 wisdows di atas.. bagi sy yg otodidak... harus selalu menghadapi trial and error

blog DOFollow PR3 mengatakan...

Belajar dan terus belajar .. itu akan mengasah sampai dimana batas kemampuan kita.

Oentoe_09 mengatakan...

@ Boogle:
wah.. met datang bro.. artikel-artikel do boogle blog juga jadi salah satu blog favorit buat nambah referensi dalam ngebloh

@ blog Do Follow PR 3
100% benar Sob.. klo todak diasah gak bakalan tajam tuh "pedang" skill kita...

i-bH mengatakan...

Mas.. mau tanya sumthing donk..
napa ya hasil postingan di blogku itu selalu ngaco.. misal aku dah posting pake jeda, tp hasil postingannya slalu pd mepet semua..padahal di preview baek2 aja sesuai dgn yg di ketik..

Apa mungkin template nya atau ada script yg ngaco gitu?? binun neh.. kalau tau tolong di bantu n info yah? :)

tengkiuu..

Oentoe_09 mengatakan...

@ i-bH :
barusan sy dari ke 3 blognya mbak tapi seperti semuanya normal2 saja, tapi klo merujuk ke pertanyaan mungkin yang mbak maksud itu pengaturan paragraf teks yang masih rata kiri (align left) klo mau seperti artikel di blog ini misalnya style paragraf mesti di set ke mode "justify" caranya gampang tinggal block semua teks dalam artikel trus klik icon justify kemudian tekan tombol publish.. eh lupa editnya pada mode compose di tab posting akun blog.
semoga bisa membantu ;)

i-bH mengatakan...

bukan mas.. kalo postingan sih itu udah aku edit dr draft.blogger.com.. sebelumnya tiap abis posting pasti jadinya rapet2 gitu ..ga ada paragraph or seperti aslinya or as on preview.. bukan soal justify, or rata kiri n kanan

Jadi abis itu aku lari ke draft.blogger.com buat edit..baru deh jadinya ya seperti yg di blog.. ribet aje gitu ga bs langsung sekali posting :(

anyway, tengkiu bgtz ya mas dah mo mampir n liat and jwbin jg.. sapa tau next time nemu problem yg sama n ada solusinya, tulung di info yah.. tengkiuuuuuuuuu :D

Blog Marketing mengatakan...

tengkiu mas atas tipsnya,langsung dipraktekkan neh

Posting Komentar

Label

Blog support

Entri Populer