mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Melindungi Konten Web/Blog dengan Copyscape

Plagiarisme mungkin bukanlah perbuatan terpuji. Tapi harus di akui masih ada juga yang melakukan hal tersebut. Jika Anda pernah membaca artikel di blog ini mengenai plagiarisme, artikel ini bisa dikatakan sebagai sequel dari artikel sebelumnya yang berjudul “Blog Plagiator” (baca disini).

Beberapa Blogger Senior yang juga mengulas mengenai fenomena ini seperti Mas Cosa Aranda dengan “hall of shame”-nya, atau Mas Fatih Suhud dengan artikelnya berjudul “ setujukah Blog Anda di copy-paste ?”, merupakan ungkapan betapa perilaku ini tidak mendapat tempat yang “terhormat” dimata mereka dan saya juga yakin Anda sepakat.


Terlepas bagaimana cara kita menanggapi aksi plagiarisme ini, ada baiknya jika kita melakukan cara-cara pencegahan, misalnya dengan mempersilahkan kepada para Visitor untuk melakukan copy-paste dengan syarat tidak merubah sebagian isi artikel, memasukkan sumber dan nama penulis dan lain-lain (saya pun mengadopsi cara Mas Fatih Suhud).

Cara lain yang bisa kita lakukan adalah dengan meminta bantuan dari Copyscape.com. Dengan bantuan mereka kita bisa mengetahui siapa saja yang melakukan tindakan plagiarisme terhadap konten blog kita.

Sekilas Tentang Copyscape.

Berikut ini adalah info seputar Copyscape yang saya ambil dari disitusnya, tentunya sudah ditranslate dan di edit sesuai kemampuan saya, mudah2an bermanfaat.

Copyscape mengklaim merupakan provider terdepan yang melindungi kita dari tindak plagiarisme dan pencurian konten, intinya mereka melindungi hak Online Kita.

Layanan Copyscape.

Copyscape memiliki service/layanan yang dibagi 2 jenis, yang pertama adalah layanan gratisan (Free Services) dan layanan Profesional (Professional Services).

Free Service :

Pada layanan ini Copyscape menawarkan 3 layanan yang menurut saya sangat menolong karena tidak dipungut biaya (gratis). Antara lain layanan tersebut adalah :

  • Mencari web yang melakukan copy-paste konten kita. Caranya sangat sederhana yaitu dengan memasukkan URL alamat web/blog Kita ke kotak isian, dalam waktu yang tidak terlalu lama (kurang lebih semenit) Copyscape akan memunculkan Web/Blog yang meng-copy konten Kita termasuk yang melakukan kutipan (quote).
  • Memasang Banner Copyscape di Web/Bog untuk memperingati siapa saja yang berpotensi melakukan plagiarism terhadap konten kita. Uniknya banner tersebut tersedia dengan beberapa ukuran dan warna, so Kita bisa memilih yang sesuai dengan selera dan warna pada blog kita.
  • Resources, Copyscapes menawarkan informasi gratis si plagiarism dan Copscape forum untuk berdiskusi.

Professional Services :

Pada layanan level professional ini, Mereka menawarkan layanan yang lebih baik antara lain :

  • Premium, pada layanan level ini Copyscape menyediakan pencarian yang lebih powerful dan tanpa batas waktu bulanan.
  • Copysentri, perlindungan pada seluruh web/blog kita dan memonitor serta memberi peringatan (alert) jika ada yang melakukan Copy pada konten Kita.

Menurut Copyscape kedua layanan diatas termasuk dalam “integrated case tracking” yaitu mengatur responses (tanggapan) kita pada berbagai plagiarism yang terjadi pada Web/blog Kita.

So...sudah bosan dengan tindakan plagiarism terhadap blog Kita???sudah waktunya melindungi Konten web/blog kita dengan melakukan tindakan preventif.


Semoga artikel ini bermanfaat. Mohon Saran kritik dari Anda dan atas kunjungannya diucapkan banyak terima kasih. Jaya Blogger Indonesia..!!!

(Gambar diambil dari www.copyscape.com)

Artikel yang juga mungkin Anda Ingin Baca :


Blog Plagiator . Bikin Sendiri Menu bar di Blogspot . Bikin Sendiri Image Header di Blogspot . Bagaiman Supaya SE Sayang Dengan Blog . Cara-cara Gratis Mempopulerkan Blog . Meningkatkan Traffic dengan Ping di BlogExplotion .

0 komentar:

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support