mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Modifikasi tampilan "Email Subscriptions" Feedburner

Berlangganan artikel via email (Email Subscriptions) merupakan fasilitas yang diberikan oleh pemilik blog (blogger) kepada pembaca blognya untuk mendapatkan informasi terbaru, dalam hal ini informasi terbaru yang dimaksud adalah artikel baru yang diposting oleh pemilik blog.

Saat ini sudah banyak penyedia layanan berlangganan via email atau lebih sering dikenal sebagai newsletter mulai dari yang gratis hingga berbayar. tapi untuk artikel ini hanya akan membahas layanan yang masuk dalam kategori gratis dan paling banyak digunakan oleh para blogger. Layanan yang dimaksud adalah salah satu item layanan yang disediakan oleh Feedburner yang bernama "Email Subscriptions" layanan ini memanfaatkan Feed sebagai medianya lihat contoh dibawah.

Berlangganan

Silahkan masukkan email anda di form berikut untuk mendapatkan artikel terbaru blog ini:



Artikel terbaru blog ini akan dikirimkan ke email anda dengan bantuan FeedBurner

Terima kasih ya ;)
Kembali ke topik dimana hasilnya seperti contoh diatas, pertama saya menganggap bahwa sobat sudah memiliki akun di Feedburner jika belum silahkan klik tombol berikut: . Jika sudah, langsung fokus di cari layanan Email Subscriptions, kemudian aktifkan layanan ini dengan menekan tombol Aktive, setelah itu maka akan muncul script/kode yang nantinya seperti judul diatas akan coba kita modifikasi. Copy dan paste script yang muncul ke dalam notepad di komputer anda.
  1. Mengubah kalimat dalam Email Subcription ke dalam bahasa Indonesia.
    • Scrip awal yang diberikan dicopy tadi akan seperti ini:
      <form style="border:1px solid #ccc;padding:3px;text-align:center;" action="http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify" method="post" target="popupwindow" onsubmit="window.open('http://feedburner.google.com/fb/a/mailverify?uri=OentoeDemoBlog', 'popupwindow', 'scrollbars=yes,width=550,height=520');return true">
      <p>Enter your email address:</p>
      <p><input type="text" style="width:140px"name="email"/></p>
      <input type="hidden" value="NamaFeedBurnerBlogAnda" name="uri"/><input type="hidden" name="loc" value="en_US"/><input type="submit" value="Subscribe" />
      <p>Delivered by <a href="http://feedburner.google.com" target="_blank">FeedBurner</a></p>
      </form>
      dimana tampilan yang muncul akan seperti dibawah ini:

      Enter your email address:


      Delivered by FeedBurner

    • Silahkan ganti kalimat yang ditebalkan pada Script diatas sesuai dengan gaya bahasa Anda tentunya, kecuali untuk kode value="NamaFeedBurnerBlogAnda" ganti dengan nama alamat Feedburner blog
    • Save file Notepad hasil perubahan yang telah dilakukan
  2. Mengubah ukuran dan warna border, background dan style paragraf
    • untuk mengubah tampilan border misalnya tebal border (garis tepi) tinggal mengganti nilai border:1px ke angka yang lebih besar, atau jika tidak ingin menampilkan border sama sekali beri nilai 0px. Mengubah tipe border tinggal mengubah teks "solid" ke dotted atau double (tebal border minimal 3px).
      Warna border tinggal mengganti kode warna #ccc ke kode warna yang anda inginkan (cara mendapatkan kode warna silahkan baca disini)
    • Untuk membuat background (latar belakang) yang berbeda dari warna background halaman blog, tinggal menempatkan script background:#FFFFCC; (warna kuning muda) berikut sebelum kode border:1px solid #ccc;. Untuk warna yang berbeda silahkan gunakan cara yang sama dengan memilih warna untuk border
    • Untuk mengubah gaya paragraf tinggal mengganti nilai center pada text-align:center; menjadi left (rata kiri), right (rata kanan) atau justify (penuh)
    • Simpan hasil perubahan tersebut
  3. Memasang script hasil perubahan di blog
    • Masuk ke akun blog Anda --> Tata Letak --> Add Widget, setelah muncul pop-up windows pilih Add HTML/Javascript
    • Copy dan paste script "Email Subscribtion" yang sudah dimodif tadi ke dalam jendela pop-up add elemen. Kemudian tekan tombol simpan
    • Silahkan lihat hasilnya dengan menekan tombol pratinjau
Semoga bermanfaat terima kasih sudah mampir dan ditunggu komentarnya jangan lupa ya ;)

8 komentar:

valiant mengatakan...

bravo sob!!.. but saya mo nanya neeh. bisa ga ya tampilan kotaknya diperkecil, jangan segede gitu. sayang uy ngabisin space.. salam!!

Oentoe_09 mengatakan...

@ Valiant Bisa banget sob... sebenarnya tinggi dan lebar mengikuti standar sidebar, tapi klo berminat untuk memberi ukuran yang berbeda dari standar sisa nambah keterangan width;XXpx; dan hegiht:XXpx; sebelum teks "border"

Unknown mengatakan...

Thanks 4 all ! artikel nya sangat berguna sekali untuk saya yang masih tarap belajar. Trims Salam Sukses

ANDI WONG mengatakan...

kalo yg ini gw udah bisa gan..thx :) btw sekalian tuker FOLLOW ya..

Anonim mengatakan...

keren gan

endropedia mengatakan...

thanks... manstab... sangat bermanfaat

belajar invest mengatakan...

thanks a lot brother, btw kalo editing emailnya gimana ya

Grosir unik mengatakan...

Thanks gan infonya..

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support