mau dapat artikel terbaru blog ini? silahkan ikuti update blog ini

Ads

Modifikasi breadrumb 3 : Optimasi untuk SEO blogspot

SEO friendly menu blog
Memunculkan semua label Artikel di Menu Breadcrumb.
Seperti sudah saya tuliskan di postingan sebelumnya mengenai 4 permasalahan dalam menu breadcrumb dan sekaligus membahas solusi untuk poin pertama yaitu mengubah ukuran font di menu breadcrumb dan point kedua meng-Indonesia-kan kalimat berbahasa Inggris di menu breadcrumb pada artikel kedua.

Pada artikel ketiga ini lebih kepada bagaimana membuat menu breadcrumb menampilkan Label yang sesuai pada artikel yang tampil. Ini biasa terjadi pada artikel yang memiliki dari satu label . (lihat gambar dibawah).


pada gambar diatas tampilan menu breadcrumb yang muncul adalah Home > Tips > Cara memilih perusahaan website marketing (secara umum urutan menu breadrumbs adalah Home > Label > Judul Artikel), sementara label/tags artikel tersebut adalah bisnis online dan tips. kalau dipikir-pikir untuk label tidak ada masalah berapapun jumlahnya, tapi untuk urusan menu breadcrumb jika seperti gambar diatas menu breadrumbs yang tampil kurang tepat karena antara kedua label diatas yang lebih spesifik adalah label pertama (bisnis online). Bagaimana menghindari kejadian ini berikut adalah solusinya.

Saat membuat artikel di editor pastikan label yang lebih spesifik sebagai label anda pilih, misal seperti contoh pada gambar diatas tadi. Kejadian diatas terjadi karena urutan pemilihan label untuk breadcrumb ditampilkan berdasarkan huruf abjad paling akhir dari label-label yang terpilih, jadi jika artikel anda adalah spesifik tapi awal hurufnya berada diawal urutan sebaiknya jangan menambah label lain yang kurang spesifik yang memiliki awal huruf paling akhir.

Mengganti tanda » atau / pada menu breadcrumbs dengan tanda >
Selain bagaimana memunculkan label yang spesifik dari menu breadcrumb, menurut para praktisi SEO penggunaan tanda penghubung » atau / pada menu breadrumbs kurang SEO friendly dibandingkan jika menggunakan tanda  >. Jika hal itu benar tidak ada salahnya kita juga mengadopsi cara diatas, berikut adalah caranya;

  1. Masuk ke control panel blog anda (www.blogger.com), pilih blog kemudian masuk ke  Rancangan -> Edit HTML,
    jangan lupa untuk selalu melakukan proses backup untuk berjaga-jaga
    jika terjadi kesalahan pengeditan dengan menekan link teks "Download template lengkap".
  2. beri tanda centang pada  Expand Template widget.
  3. Tekan ctrl + F untuk mengaktifkan tab pencarian browser anda, kemudian isi field yang muncul dengan tanda "»" (tanpa tanda kutip).
  4. Setelah ketemu (berjumlah 6) ganti semua ke-6 tanda » dengan tanda >.
  5. Setelah yakin sudah dilakukan sesuai cara diatas, silahkan tekan tombol SIMPAN TEMPLATE.
Semoga kedua tips diatas mudah dipahami dan bisa membuat menu-breadrumbs pada blog anda menjadi salah satu senjata faktor menuju halaman pertama mesin pencari (SERPs).
Selamat ngeblog.

NB: jika dalam pencarian menggunakan tanda » tidak menemukan apa-apa, coba menggantinya dengan kode » ini. yang jelas kode ini hanya berjumlah 6 buah .

5 komentar:

Jasa Seo mengatakan...

tips yang bermanfaat mas

Omend mengatakan...

saat ini saya memakai bradcrum, denga jQuery,... kira kira SEQ nya gimana ya,...

Oentoe_09 mengatakan...

@ Jasa SEO: Thanks sudah mampir.. :D
@ Omend: Terus terang saya juga blum pernah ngetes mas... tapi klo nanti udah ketemu jawabannya insya allah diposting disini...

Iseng Ngeblog mengatakan...

Mantep juga kayanya pake ginian, tar nyoba di blogspot ah, kebetulan masih pnya blog pake blogspot

Oentoe_09 mengatakan...

@ Iseng Ngeblog: Monggo mas, sesama BLogspot Fans harus saling berbagi termasuk yang baru ini: "Mau dapat Voucher Rp 400.000 dari Google"

Posting Komentar

Label

Entri Populer

Blog support